ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN ETIKA BISNIS ISLAM, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Sofyan Hakim, Aulia Rizky Rahmawati

Abstract


The purpose of this study is to determine the influence of word of mouth variables, product quality, and Islamic business ethics on purchasing decisions with consumer satisfaction variables as moderating variables. A sample of 100 respondents used purposive sampling techniques. The data analysis technique used is SPSS 23. The results of word of mouth have no significant effect on purchasing decisions. Product quality has a significant and positive impact on purchasing decisions. Islamic business ethics have a positive and significant influence on purchasing decisions. and consumer satisfaction has a positive and significant influence on purchasing decisions. Meanwhile, in MRA testing, word of mouth variables, product quality, and Islamic business ethics have a positive and significant effect on purchasing decisions with customer satisfaction as a moderating variable. This means that customer satisfaction can strengthen the influence of word ofmouth variables, Islamic business ethics and product quality on purchasing decisions.


Full Text:

PDF

References


Abadi, D., Suddin, A., & Widajanti, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Mas Semar Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 12(1), 112.

Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926

Andrianti, B., & Oetardjo, M. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 16(11), i–ii. https://doi.org/10.1016/s1000-9361(22)00214-x

Bawono, A., & Shina, A. F. I. (2018). Ekonometrika Terapan Untuk Ekonomi dan Bisnis Islam Aplikasi dengan Eviews. In LP2M IAIN Salatiga.

Engka, A., Putri, N., & Handayani, T. (2021). Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Generasi Milenial Di Kecamatan Johar Baru. 8(2).

Ghazali I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, Auliya, H. N., Andriani, H., Ustiawaty, J., Fardani, R. A., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Puataka Ilmu.

Hidayanti, Z. D. (2021). Stategi Pemasaran Syariah Dalam Peningkatan Daya Saing UMKM (Studi Kasus : Kerupuk Petis Udang Kecamatan Kendal). Skipsi. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13605/

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

Matheos, M. I., Soepeno, D., & ... (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis …. Jurnal EMBA: Jurnal …, 3(1), 42–57. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/38560

Nurmalasari, D. (2023). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toserba Mariza Di Madiun.

Nursyamsiyah, I., & Nopianti, N. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis. Jurnal Ekonomi Rabbani, 52–62. http://jurnal.steirisalah.ac.id/index.php/rabbani/index

Rati, T., Rimbano, D., Andrean, B., & Adepama, E. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan: Analisis Inovasi Produk dan Harga. Universitas Bina Insan Lubuklinggau, 927–939.

Razak, M. (2016). PERILAKU KONSUMEN (Mutmainnah (ed.); Cetakan I). Alauddin University Press.

Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. (2023). Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.204

Rizaldi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Smartphone Realme Di Jabodetabek. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 1–196.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Suparni, I., Pawenang, S., & Istiatin. (2019). Kompetensi Pemasar, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Pembelian Ulang Dengan Moderasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus XSAVAY Advertising Solo). Jurnal Manajemen, 5(2), 53–60.

Susanti, N. I., & Nurdiana, M. E. (2016). Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ausath Mart 1 Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(1), 1–20.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929

Ulfakhatun, & Sunarjo, W. A. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Etika Bisnis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Jims Honey Pemalang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(Maret), 69. www.jurnal.unikal.ac.id/index.php/jebi%

Wicakso, E., Sri Wardiningsih, S., & Sri Utami, S. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi kepuasan pada konsumen warung makan jodho bekonang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(1), 80–92.




DOI: https://doi.org/10.18326/jiem.v3i2.92-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________

                                         

Creative Commons License

JIEM, Journal of Islamic Enterpreneurship and Management  by http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jiem is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIEM Journal of Islamic Enterpreneurship and Management UIN SALATIGA e-ISSN: 2808-8255